18
May
10

Baralek Rumahan di Minangkabau

Di daerah Sumatera Barat, acara baralek di rumah (bukan di gedung/baralek gadang) dilakukan secara terpisah di rumah mempelai pria dan rumah mempelai wanita. Jadi, keluarga mempelai wanita (disebut anak daro) mengadakan baralek sendiri di rumahnya dan keluarga mempelai pria (disebut marapulai) juga baralek di rumahnya. Ada yang baraleknya pada hari yang sama, ada pula yang beda 1 atau 2 hari. Tidak harus memang, tapi itulah tradisi turun temurun.  Jika dua rumah mengadakan acara baralek, lalu bagaimana mempersandingkan keduanya di pelaminan? Di bawah ini protokolnya:

  1. Prosesi pertama adalah acara manjapuik marapulai (menjemput pengantin pria). Karena di ranah Minang menggunakan adat matrilineal (garis ibu), maka pengantin pria perlu dijemput oleh keluarga pengantin wanita untuk dijadikan urang sumando di rumah keluarga anak daro. Mula-mula keluarga anak daro datang ke rumah marapulai membawa pakaian pengantin marapulai, carano yang berisi daun sirih, rokok, dan lain-lain, serta dua orang sumandan (dua orang perempuan yang akan mendampingi marapulai).
  2. Anak daro tidak ikut serta, dia menunggu di rumahnya saja. Di rumah marapulai keluarga anak daro disambut tuan rumah beserta keluarga besarnya. Di dalam rumah sudah terpasang pelaminan khas Minang yang warna-warni.
  3. Sebelum masuk rumah ada pepatah-petitih dari keluarga anak daro dan keluarga marapulai (yang hakikatnya merupakan kata basa-basi).
  4. Setelah penyambutan selesai, keluarga anak daro masuk ke dalam rumah marapulai, duduk di depan pelaminan. Perhatikan di depan pelaminan tersedia piring-piring yang berisi masakan Minang yang hmmmm… membangkitkan selera makan. Ada rendang, gulai ayam, gulai buncis, dendeng balado, gulai ikan, dan lain-lain. Semuanya masakan orang kampung yang dijamin beda rasanya dengan masakan rumah makan Padang di pulau Jawa.
  5. Sambil menunggu marapulai mengenakan pakaian pengantin, keluarga anak daro dipersilakan makan. Makan pakai tangan, air basuhnya dengan kobokan. Meski perut sudah kenyang, masih disuruh tambuah, tambuah, dan tambuah lagi oleh tuan rumah.
  6. Marapulai selesai didandani dan dipakaikan baju penganten. Dua orang sumandan mengapit marapulai keluar dari rumahnya untuk bersiap-siap menuju rumah anak daro. Pakaian pengantain marapulai, merupakan gabungan dari baju teluk belanga khas Melayu dan pakaian seorang pemain matador. Sebilah keris diselipkan di pinggang bagian depan (bukan di bagian belakang seperti adat Jawa). Marapulai dan rombongan tiba di rumah anak daro diapit oleh dua orang sumandan.
  7. Anak daro keluar rumah menyambut marapulai. Anak daro menggamit tangan marapulai dan membawanya masuk ke dalam rumah.
  8. Di rumah anak daro, kedua mempelai dipersandingkan di pelaminan yang meriah dengan hiasan-hiasan di langit-langit.

Satu hal yang menarik, tanda bahwa di sebuah rumah ada acara baralek di Sumatera Barat adalah umbul-umbul berwarna merah, kuning, hitam yang disebut marawa.

http://rinaldimunir.wordpress.com/2008/07/28/mengikuti-acara-baralek-di-padang/

Temukan informasi lainnya mengenai Minang, Padang, Sumatera Barat, perkawinan adat minangkabau, Foto Pengantin, Foto Prewedding, Photo Pernikahan, Fotografi Pernikahan, Photo Wedding, Fotografi Wedding, Foto Pernikahan, Foto Wedding, Photo Pernikahan & Fotografi Wedding, foto perkawinan, wedding photo, paket foto, fotografer pernikahan, wedding photographer, pre wedding photographer, Minang Wedding, Pre Wedding photography & Wedding Party photography Padang – Sumbar, Padang wedding, Wedding Gallery & Event Organizer, Pre Wedding Photography, pre wedding, pre wedding photographer, pre wedding photography, wedding vendors, Pre Wedding Photography, Pre Wedding Foto, Foto Pra Nikah Foto, Paket Wedding, hasil foto, bentuk foto, ukuran foto, photo pre wedding, foto wisuda, foto keluarga, foto seminar, foto produk di…

Wen’S Photography
Digital Photo Studio & Video Shooting
Jl. Gajah Mada No.30 Gunung Pangilun Padang
Hp 08126764527, Telp 07519901204

http://minangphotographer.wordpress.com/
http://minangdigitalphotography.blogspot.com
https://wensphotography.wordpress.com/
http://wensphotography.blogspot.com/

Advertisements

0 Responses to “Baralek Rumahan di Minangkabau”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: